Jumat, 26 Maret 2010

Pramuka Peduli Jawa Barat


Purwakarta, 26 Maret 2010., Pasang dan surut, banjir datang pergi di Desa Cikaobandung, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Hingga Kamis (25/03/2010) ini, banjir telah hari menggenangi ratusan rumah di desa yang berada di sekitar pertemuan Sungai Cikao dan Sungai Citarum itu. Hujan deras yang mengguyur daerah hulu membuat Sungai Cikao meluap. Kondisi yang sama terjadi di Sungai Citarum sehingga air limpas dan menggenangi jalan, persawahan, dan sebagian pemukiman warga.


Hal ini yang membuat Pramuka di Jawa Barat dan Khususnya Pramuka di wilayah Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Purwakarta melalui satuan Unit SAR 0914 Purwakarta pun mencoba untuk membantu dalam penanganan evakuasi korban banjir. Dengan menggunakan peralatan seadanya pada hari pertama banjir anak-anak Pramuka berusaha untuk menolong korban banjir. Baru hari ke dua peralatan yang di butuhkan seperti Perahu karet datang. Meskipun dalam pelaksanaannya perahu karet tersebut belum bisa mengakomodir semua kebutuhan evakuasi korban.

Selama Proses evakuasi yang dilakukan oleh Pramuka serta dari tim SAR lain seperti Pemadam Kebakaran Kabupaten Purwakarta, Tagana, ORARI Lokal Purwakarta, RAPI, Warga Sekitar, Partai Politik dan dari Aparat Pemerintahan yang ada. Dilapangan semua tim penolong di Kordinir oleh Satkorlak Kabupaten Purwakarta.

Pramuka yang dasarnya Rela Menolong dan Tabah dalam melaksanakan tugasnya bahu-membahu dengan tim-tim penolong yang lain. dan pada hari Jumat Tanggal 26 Maret 2010 Kwartir Daerah Jawa Barat oleh Kak. Ijon Dachjan-MT. Andalan Urusan Saka dan Unit, memberikan bantuan berupa uang.

Foto : Kak. Ijon Dachjan-MT dan Kak. Agus Muharam


Dalam pelaksanaan dan penyaluran bantuan tersebut akan di lakukan oleh Kwartir Cabang Purwakarta melalaui Pimpinan. Semoga bantuan yang diberikan dapat meringankan beban masyarakan yang tertimpa musibah. Selain di Kwartir Cabang Purwakarta, Kwartir Daerah Jawa Barat juga memberikan bantuan ke beberapa daerah di sekitaran Jawa Barat yang terkena musibah banjir.

Semoga kiranya Pramuka di Jawa Barat semakin peduli dengan keadaan lingkungan di sekitarnya. Jayalah Pramuka Jawa Barat. (DS. Staf Kwarcab)


1 komentar:

  1. Salam Pramuka... salam kenal dan semoga Pramuka di purwakarta tetap exsis dan menjadi organisasi yang terdepn dalam kegiatan.. sukses selalu amin.. blognya bagus bisa mampir di http://agahgandasoli.blogspot.com/

    BalasHapus