Sabtu, 27 Februari 2016

Kwarran Purwakarta gelar KMD dan KML

RMOLJabar. Dalam rangka menyiapkan pembina pramuka yang handal Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Purwakarta selenggarakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) dan Kursus Pembina Pramuka Mahit Tingkat Lanjutan (KML). 

Kegiatan dilaksankan dua tahap, tahap pertama 19-21 Februari 2016 bertempat di Yon Armed 9 Pasopati dan tahap dua 26-28 Februari 2016 di SMPN 2 Purwakarta.

Ketua Panitia Pelaksana Hety Susanti SPd mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 79 peserta KMD dan 77 KML. Adapun rincian peserta KML terdiri dari 18 orang golongan siaga, 53 orang golongan penggalang dan 6 orang golongan penegak pandega.


"Pelaksanaan kegiatan kursus sepenuhnya dikelola oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Pusdiklatcab) Kwarcab Purwakarta," ujar dia, Minggu (28/2).

Di tempat yang sama Tri Kurniati, M.Pd Ketua Pusdiklatcab Gerakan Pramuka Purwakarta menguraikan tiga sasaran kegiatan ini. Pertama untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan program kegiatan peserta didik yang sesuai dengan aspirasi kaum muda dan perkembangan masyarakat dengan menerapkan prinsip dasar dan metode kepramukaan secara efektif. 

Kedua, meningkatkan pembinaan terhadap orang dewasa dalam kepramukaab khususnya tersedianya pembina pramuka yang mahir dan bermotivasi tinggi dalam jumlah yang memadai.

"Dan ketiga, mengupayakan menciptakan pembina pramuka yang berkualitas," ujarnya.

Sementara itu, Hj. Aneu Ratna Mustika Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Purwakarta mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari agenda kwarcab dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia (SDM) pembina pramuka yang memiliki kompetensi dan lisensi untuk menjadi pembina di tiap gugus depan. 

"Kegiatan ini dalam rangka memberikan bekal yang memadai bagi calon pembina pramuka supaya menjadi pembina pramuka yang profesional dalam melakukan proses pendidikan kepramukaan. Kebutuhan pembina pramuka yang profesional merupjan keniscayaan dalam rangka mewujudkan peserta didik yang berkarakter," ujarnya.[gun] - 

Sumber: http://m.rmoljabar.com/news.php?id=18521#sthash.EDfnmmGm.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar